Rabu, 20 September 2017

thumbnail

Buya Syafii Tidak Percaya PKI Bangkit

















Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syfaii Maarif yakin PKI(Partai Komunis Indonesia) tidak akan bangkit lagi. Sebab, secara konstitusi partai ini sudah dilarang di Indonesia dan paham komunis juga tidak laku lagi di era sekarang. Namun isu ini akan terus menjadi perdebatan antara yang pro dan kontra.

Buya Syafii, panggilan akrabnya, menilai pembubaran seminar sejarah 1965 bertema, “Pengungkapan Kebenaran Sejarah 1965/1966” di kantor YLBHI Jakarta pada Sabtu, 16 September 2017, bagian dari kontroversi isu PKI tersebut.

Kontroversi itu, kata dia tak akan kunjung usai. Akibatnya perdebatan mengenai sejarah 1965 kian sengit, termasuk isu tentang kebangkitan komunisme di Indonesia.

“ Selama otak pelakunya belum ketangkap, terus ada kontroversi. Saya tidak percaya PKI bangkit lagi,” kata Buya Syafii satt ditemui di Mesjid Nogotirto, Sleman, Selasa, 19 September 2017.

Ironisnya, isu kebangkitan PKI itu kerap didengungkan saban September atau menjelang peringatan terbunuhnya tujuh Jenderal yang dikenang dengan sebutan Pahlawan Revolusi pada 30 September 1965. Bahkan isu tersebut kerap dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu untuk kepentingan politik tertentu.

“ Bisa saja dimanfaatkan, tapi enggak benar. Kalau jadi pragmatism politik, sejarah itu mutunya enggak baik,” kata Buya. Buya juga menyebutkan ormas perusak kantor YLBHI merupakan polisi swasta. “ Mereka takut PKI bangkit lagi. Mungkin itu dipakai kelompok-kelompok politisi untuk menyerang, menyerbu”.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Cari Blog Ini

Blog Archive

Donald Trump: AS Telah Jatuhkan Sanksi Terbesar untuk Korea Utara

CITYBET - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Jumat 23 Februari waktu setempat, mengumumkan bahwa pemerinta...