Sabtu, 23 September 2017

thumbnail

Ini Solusi Kesalahpahaman Agama dan Kebangsaan


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengungkapkan ada tiga agenda besar yang harus dituntaskan bangsa. Salah satunya adalah mempersatukan kembali bangsa. Hal ini penting di era banyaknya kesalahpahaman agama dalam kebangsaan, begitu juga sebaliknya.

“ Saat ini merah putih yang terlahir sejak awal sejarah kemerdekaan bangsa telah terkoyak oleh berbagai kesalahpahaman dan paham yang merusak, ” ungkapnya pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia.

Zulkifli yang ditemani Ketua Umum ICMI Prof Jimly Asshiddiqie, Pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid tersebut menyeroti berbenturannya paham agama dengan paham kebangsaan.

“ Ada yang beranggapan beragama berarti jauh dari berbangsa, tunduk pada ajaran agama dianggap tidak setia kepada paham kebangsaan. Ini jelas salah,” tambah Zulkifli yang juga merupakan Ketua Dewan Pakar Pusat ICMI periode 2015-2020.

Dihadapan ratusan delegasi Perwakilan ICMI dari seluruh Indonesia, Zulkufli menyatakan kesalah pahaman dalam mengimplementasikan paham keagamaan dan kebangsaan tersebut adalah masalah serius yang dapat berdampak negative jika terus dibiarkan. Apalagi kesalahpahaman tersebut masuk dalam arena kontestasi politik.

“ Pemahaman yang salah paham tersebut digunakan untuk mengkotak-kotakan rakyat sesuai pilihan politik baik itu parpol atau kepala daerah,” ujar Zulkifli.

“ Semestinya kalah atau menang dalam kontestasi politik adalah hal yang biasa dan lumrah. Tapi jangan gara-gara kontestasi politik rakyat menjadi terpecah belah ,” tegasnya.

Dihadapan para Dewan Pakar ICMI, Zulkifli mengungkapkan seharusnya di Indonesia paham keagamaan serta kebangsaan saling menopang dan menjadi pemeluk agama yang taat adalah jalan menjadi warga yang baik.


“ Bahkan dalam ajaran islam, mencintai Tanah Air adalah bagian dari iman, “ tutupnya

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Cari Blog Ini

Blog Archive

Donald Trump: AS Telah Jatuhkan Sanksi Terbesar untuk Korea Utara

CITYBET - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Jumat 23 Februari waktu setempat, mengumumkan bahwa pemerinta...