Jumat, 29 September 2017

thumbnail

Minuman Kopi Buat Panjang Umur


Ini ada alasan tambahan bagi kamu unutk memulai hari dengan secangkir kopi. Ilmuwan mendapati, minuman kopi menurunkan resiko terkena penyakit mematikan semacam serangan jantung, stroke, diabetes, dan masalah pernafasan, serta ginjal.

“ Kami tidak bilang bahwa minuman kopi akan memberikan umur panjang, tapi kami melihat ada hubungannya” tutur Veronica Setiawan, associate Professor di Keck School of Medicine di Unifersitas Southern California, yang memimpin studi itu.

Veronika dan timnya mendapati mereka yang minum kopi secangkir setiap hari mengalami 12 % penurunan resiko kematian dibanding mereka yang tidak minum sama sekali. Malahan, mereka yang minum dua sampai tiga cangkir sehari, malah mengalami penurunan resiko sampai 18 %. 

“ Kalau kamu suka minum kopi, teruslah minum. Kalau belum, saatnya kamu mempertimbangkan untuk minum kopi,” tutur Veronica. Penelitian Multiethnic Cohort Study melibatkan 215 ribu partisipan dan menjadikannya penelitian lintas etnis paling beragam, dalam meneliti faktor resiko gaya hidup dengan kanker. 

Nah, kelompok etnis yang kedapatan berkurang resikonya terkena penyakit mematikan karena minum kopi itu adalah kelompok Afro-Amerika, Jepang –Amerika, Latin, dan kulit putih sendiri.

Sampai saat ini, hanya sedikit data hubungan antara konsumsi kopi dan umur panjang pada orang-orang di luar kulit putih di Amerika Serikat dan sekitarnya. Padahal, penelitian macam itu sangat diperlukan sebab pola gaya hidup dan resiko penyakit bisa bervariasi menurut latar belakang ras dan etnis.

Karena asosiasi yang dilakukan Veronika melibatkan empat etnis yang berbeda,dia yakin, hasilnya bisa diterapkan juga pada kelompok lain di luar ras atau etnis yang ditelitinya.

“ Melihat pola yang sama pada populasi yang berbeda, memberikan dukungan biologis yang kuat pada argumen bahwa kopi itu bagus untuk kesehatanmu, terlepas kamu itu orang kulit putih, Afro-Amerika, Latino, atau Asia,” tutur Veronica.

Lantas apa yang bikin kopi bagusuntuk kesehatan? Veronica mengatakan kopi mengandung senyawa antioksidan dan dan phenolic yang berperan penting dalam mencegah kanker. “ walaupun studi ini tidak menunjukkan kandungan mana pada kopi yang memberikan efek eliksir jelas bahwa kopi berhubungan dengan gaya hidup dan pola diet yang sehat, “ katanya.

Badan kesehatan dunia sebelumnya pernah memberikan label kopi sebagai karsinogen yang berhubungan dengan kanker kandung kemih. Tapi tahun lalu, WHO sudah mengumumkan bahwa minum kopi itu mengurangi resiko kanker hati dann rahim.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Cari Blog Ini

Blog Archive

Donald Trump: AS Telah Jatuhkan Sanksi Terbesar untuk Korea Utara

CITYBET - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Jumat 23 Februari waktu setempat, mengumumkan bahwa pemerinta...